Jumat, 15 Juli 2011

UPAYA PELESTARIAN TAMAN NASIONAL KUTAI (TNK)

Saluuut buat Pelestari lingkungan dari Balai Taman Nasional Kutai dibantu oleh Esa Communication untuk tetap konsisten mengkampanyekan pelestarian Hutan dalam kawasan TNK. upaya itu terwujud dalam event lomba photo yang bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat luas untuk tetap melestarikan warisan alam melalui photographi. Setelah sukses menggelar lomba photo di 10 Januari 2010, kini diadakan kembali dengan tema berbeda namun tetap pada prinsip dasar yaitu PELESTARIAN. Untuk detail perlombaan seperti apa silahkan membaca di posting terdahulu.

Sekilas tentang Taman Nasional Kutai, Luas areal 198.629 Hektar yang terdiri dari 4 zona. Zona Inti seluas 99.000 Ha, Zona Rimba seluas 70.500 Ha, Zona Pemanfaatan Intensif seluas 23.800 Ha, dan Zona Penyangga seluas 2.450 Ha. Ragam flora terdiri berbagai jenis vegetasi seperti mangrove, hutan rawa air tawar, hutan kerangas, hutan genangan dataran rendah, hutan ulin-meranti-kapur dan hutan campuran (dipterocarpaceae). selain itu juga terdapat ragam fauna seperti mamalia, burung, primata (Orang utan, Bekantan, Owa-owa), ungulata (banteng, rusa, kijang, kancil), burung (enggang papan, raja udang, bangau tong-tongtong), reptil (buaya dan ular), serangga dan lain-lain.

Di dalam kawasan hutan terdapat pohon ulin yang berusia lebih dari 1000 tahun setinggi 45 meter, diameter 225 cm, volume 150 m3 dan tercatat sebagai pohon tertinggi dan terbesar di Indonesia. fasilitas dan objek wisatanya antara lain jalan kayu ulin (broadwalk), jembatan gantung dan sling, shelter istirahat, rumah pohon, lintasan sungai, dan pemandian 7 Putri.

Ayo ramai-ramai kita kampanyekan pelestarian alam kita dengan menggemakannya ke seluruh dunia.

berikut beberapa foto hasil jepretan tahun lalu (tapi gak ada yang menang.. hehe :))
Gallery :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar